bermain gitar

Hal Mendasar yang Harus Diketahui Pemula dalam Bermain Gitar

Bermain gitar merupakan salah satu hobi bermusik yang bisa kamu tekuni. Saat ini banyak juga anak muda yang baru mencoba untuk belajar bermain gitar. Bisa bermain gitar dapat memberikan keuntungan untuk dirimu. Dengan bisa bermain gitar, kamu bisa ikut tampil dalam berbagai kegiatan. Selain itu, gitar juga menjadi media musik yang paling mudah dipelajari dan ditampilkan.

Belajar bermain gitar memerlukan waktu dan proses. Kamu harus sering berlatih agar tangan-tanganmu terbiasa dalam memetik dan memegang kunci dengan tepat. Bermain gitar bukan hanya harus hafal semua kunci yang ada, tetapi juga harus memerhatikan hal-hal berikut ini.

Mengenal bagian-bagian pada gitar

Sebelum kamu belajar bermain gitar, ada baiknya kamu mengetahui bagian-bagian apa saja yang terdapat pada gitar. Gitar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Keduanya terbuat dari kayu dan logam. Bahan kayu terdapat pada tubuh gitar yang akan meresonasi suara dan menghasilkan nada-nada yang indah. Sedangkan logam dibuat untuk melapisi senar pada gitar.

Adapun bagian-bagian pada gitar terdiri dari head atau kepala gitar yang berada di bagian paling atas, kunci penyetelan senar, neck bridge atau nut, fret, grip, leher gitar, senar, dan bagian body.

Leher gitar atau bagian atas yang berupa kayu panjang dengan bentuk datar di satu sisi dan melengkung di sisi lainnya. Bagian ini juga disebut sebagai papan fret. Bagian ini digunakan untuk menandai beberapa nada yang diberikan garis-garis metal.

Selanjutnya ada senar yang dipasang pada bagian kepala gitar yang dipasangkan pada kenop melewati bagian bridge untuk dipasangkan hingga pada tubuh gitar.

Selanjutnya, pada gitar akustik terdapat lubang suara pada bagian body. Bagian lubang tersebut berfungsi untuk meresonasi suara. Adapun pada gitar listrik, suara dapat dihasilkan dari 3 elemen pickup magnetis yang tersambung pada amplifier.

Baca Juga :  Cara Memilih Gitar Bass yang Bagus

Cara memegang gitar dengan benar

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cara memegang gitar. Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi jika kamu memegang gitar dengan cara yang benar, permainan gitarmu akan terlihat bagus.

Pertama, pastikan tangan kirimu digunakan untuk menekan senar dan tangan kananmu untuk memetik senar.

Kedua, pastikan kamu berada di posisi yang nyaman, misalnya dengan menggunakan tempat duduk atau dengan berdiri. Kemudian, bagian belakang gitar biarkan untuk menyentuh dada atau perutmu. Posisikan juga gitarmu bertumpu pada kaki, jika kamu melakukannya sembari duduk.

Selanjutnya, letakkan gitar pada pahamu dan pastikan posisinya berada di pangkuan kamu. Posisikan tangan kiri untuk menahan leher gitar dan menstabilkan suara. Sementara itu, jari jempol di posisi leher gitar dan keempat jari sisinya ada di bagian fret untuk menekan kunci.

Itulah posisi yang benar saat menggunakan gitar. Pada awalnya, mungkin posisi ini terasa kurang nyaman dan hal tersebut sangat wajar bagi para pemula.

Stem gitar untuk menghasilkan suara yang bagus

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara stem gitar hingga suara yang dihasilkan bagus. Kamu bisa mempelajar urutan setiap senar. Senar paling tebal diletakkan di bagian atas dan yang paling kecil diletakkan di bagian bawah. Adapun urutannya adalah E, B, G, D, A, dan E.

Menyetem gitar dapat kamu lakukan dengan alat khusus. Tetapi, jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa melakukan hal tersebut secara manual.

Itulah tiga tips dalam bermain gitar bagi pemula. Semakin sering kamu berlatih dan menerapkan tiga hal di atas, permainan gitarmu pasti akan terus meningkat.